Tips Menghilangkan Minyak Pada Muka

Minyak Berlebih Pada Wajah? 
Banyak orang yang menyukai mobil yang berkilau, perhiasan yang berkilau. Namun saat yang berkilau itu adalah wajah, jarang ada yang memberikan apresiasi yang sama dengan yang didapatkan perhiasan dan mobil. Minyak yang ada pada tubuh Anda tercipta untuk menjaga agar tubuh Anda tetap lembap. Tapi produksi minyak berlebih justru dapat menyebabkan timbulnya bakteri. Lalu, bagaimana minyak yang berlebih pada wajah dapat terbentuk?

minyak

Kelenjar keringat adalah kelenjar yang ditemukan pada semua bagian tubuh. Kelenjar kecil tapi banyak ini, letaknya menempel tak jauh dari pori-pori kulit dan memproduksikan keringat yang dikenal dengan sebutan sebum. Sebum inilah yang berfungsi menjaga kulit untuk tetap lembap dan sehat, mencegah kulit kering dan gatal serta melindungi kulit dari segala bakteri dan subtansi yang ingin masuk.

Keringat atau sebum merupakan minyak yang tak mudah larut yang kehadirannya mampu menyebabkan bulu kulit terasa lebih lembut dan lentur.

Alurnya, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat akan dikeluarkan melalui pori-pori dalam bentuk tetesan, melapisi bulu-bulu pada kulit, naik ke permukaan kulit, lalu mengangkut kulit sel yang telah mati, kotoran dan bakteri sepanjang perjalanannya di permukaan kulit.

Penyebab produksi minyak berlebih pada wajah
Menurut seorang ahli dermatologi, Joshua Zeichner, terdapat beberapa penyebab mengapa kulit terutama wajah seseorang dapat sangat berminyak, di antaranya:

1. Hormon reproduksi
Hadirnya hormon reproduksi terutama pada masa menstruasi mampu memicu peningkatan produksi keringat. Kondisi ini lalu akhirnya menimbulkan jerawat. Tak heran pada masa menstruasi maupun menopause, kulit wajah wanita cenderung lebih berminyak dari biasanya.

2. Keturunan
Sering kali karena orangtua Anda memiliki kulit dengan jenis yang berminyak, maka kulit Anda juga mudah berminyak.

3. Stres
Pada saat stres, organ dalam tubuh Anda otomatis diatur dalam fight-to-fight mode, kondisi ini lalu memicu peningkatan produksi keringat oleh kelenjar keringat.

4. Penggunaan kosmetik
Menggunakan kosmetik yang terlalu berat, dapat menghalangi keluarnya keringat dari pori-pori dan menyebabkan adanya timbunan keringat.

Bagaimana mengatasi minyak berlebih pada wajah?
Anda tak bisa mencegah kelenjar keringat untuk memproduksi keringat, tapi Anda juga tak sebaiknya berkeliling keluar rumah dengan wajah berminyak. Wajah berminyak dapat dikendalikan. Jika Anda memiliki kulit wajah yang berminyak, mungkin terlintas dalam benak Anda untuk rajin mencuci muka, bukan?

Nyatanya, ide ini mungkin justru mampu menyebabkan keadaan bertambah buruk. Mencuci muka terlalu sering justru mampu menyebabkan kulit wajah iritasi dan memicu kelenjar keringat untuk memproduksi lebih banyak keringat lagi. Terlebih, kulit wajah diyakini lebih tipis bila dibandingkan dengan kulit lain pada tubuh manusia.

Kondisi yang sama akan terjadi bila Anda menggunakan pembersih wajah yang terlalu keras. Anda bisa mulai dengan penggunaan pembersih wajah yang tidak terlalu keras dan bebas minyak sebanyak tidak lebih dari dua kali mencuci muka dalam satu hari. Penggunaan toner setelah mencuci muka dan masker wajah satu minggu sekali juga diperkirakan mampu mengurangi minyak yang berlebih pada wajah.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan cepat

muka gadis

kulit wajah berminyak kadang membuat kita tidak percaya diri. Selain ketika berswafoto akan terlihat mengkilap, dengan perawatan yang salah, kulit wajah yang berminyak malahan akan menimbulkan jerawat serta wajah yang kusam. Minyak sebenarnya memang diproduksi oleh kulit. Namun pada beberapa orang, ada yang produksi minyak pada kulit berlebihan sehingga wajah terus terlihat berminyak.

Cara membuat masker beras tradisional pencerah wajah
Kulit wajah memang banyak jenisnya. Ada yang termasuk dalam kulit kering, kulit normal, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Tiap jenis kulit tentu saja beda cara merawatnya. Semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda termasuk orang yang memang sudah dari lahir memiliki kulit wajah berminyak, maka Anda tidak perlu khawatir ada sesuatu yang salah. Namun bagi Anda yang biasanya memiliki kulit wajah normal atau kering kemudian berminyak, tentu ada faktor yang berubah pada wajah Anda.

Penyebab kulit wajah berminyak
Perubahan hormon
Ketika kulit wajah Anda berminyak dari yang biasanya kering atau normal, bisa jadi sedang terjadi perubahan hormon dalam tubuh Anda. Bisa saja karena Anda sedang stres atau bagi perempuan sedang dalam masa pra menstruasi.

Memakai produk kecantikan yang salah
Memakai produk kecantikan baik pelembap, bedak, maupun yang lainnya sebaiknya Anda sesuaikan dengan jenis kulit wajah Anda. Memakai produk kecantikan yang ternyata tidak sesuai dengan jenis kulit wajah Anda akan menimbulkan penolakan oleh kulit wajah Anda dengan memproduksi minyak berlebihan.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak
Mengonsumsi makanan berlemak berlebihan akan menimbulkan dampak di mana produksi minyak pada kulit akan terganggu hingga bisa jadi menyebabkan produksi minyak yang berlebihan sehingga kulit wajah Anda menjadi berminyak

Cuaca
Pergantian cuaca juga bisa mengakibatkan kulit wajah berminyak. Bisa saja pada musim kemarau karena cuaca yang panas, kulit jadi memproduksi minyak berlebihan.

Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, tentu dibutuhkan penanganan ekstra agar kulit berminyak setiap saat. Selain wajah yang terlihat mengkilap dan kusam, bagi perempuan yang hobi memakai make-up, bisa jadi make-up luntur karena minyak yang diproduksi secara berlebihan oleh kulit. Ada banyak cara yang bisa Anda aplikasikan untuk menghilangkan minyak di wajah Anda.

Cara menghilangkan minyak di wajah
Rajin membersihkan wajah
Sebenarnya hal ini mudah dilakukan, namun banyak orang yang tidak membersihkan wajahnya secara rutin. Dengan wajah yang berminyak, bersihkan wajah Anda menggunakan pembersih wajah yang cocok dengan tipe wajah berminyak dua kali sehari. Sebelum beraktifitas dan sebelum istirahat malam.

Memakai produk pembersih wajah yang tepat
Untuk membersihkan wajah, bagi Anda yang memakai sabun, jangan menggunakan sabun yang terlalu banyak busa atau yang menggunakan bahan deterjen. Carilah produk pembersih wajah yang dikhususkan untuk wajah berminyak.

Selalu membersihkan make-up dengan bersih
Pastikan setiap kali memakai make-up Anda membersihkannya dengan bersih. Agar make-up yang menumpuk pada wajah tidak menyebabkan masalah lain pada wajah Anda.

Membersihkan wajah menggunakan air hangat
Membersihkan wajah berminyak menggunakan air hangat akan membuka pori-pori sehingga minyak wajah akan membuat minyak berkurang secara signifikan.

jeruk nipis dan putih telur
Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan putih telur dapat mengenyalkan wajah Anda serta untuk mencerahkan kulit wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami ini mudah saja. Putih telur digunakan sebagai masker wajah agar wajah terlihat cerah dan berseri. Peras air dalam 1 buah jeruk nipis lalu campurkan dengan putih telur.

Lemon
Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda, maka minyak di wajah akan berkurang.

Apel
Anti-septik dalam apel berguna agar sel kulit mati terkelupas sehingga minyak yang menumpuk pada wajah akan hilang atau berkurang. Caranya adalah dengan memarut halus lalu gunakan sebagai masker pada wajah.

Alpukat
Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal

pisang
Pisang kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif sebagai cara menghilangkan minyak di wajah secara alami. Caranya mudah saja dengan menghaluskan 1 buah pisang lalu tambahkan 1 sdm madu. Campur hingga rata lalu oleskan pada wajah.

Mentimun
Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran wajah terjaga sehingga wajah tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit serta menghilangkan lingkar mata hitam Anda dan juga mentimun akan menyerap minyak berlebih pada wajah.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan menggunakan mentimun adalah dengan mengiris mentimun tipis-tipis lalu tempelkan pada seluruh wajah.Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air bersih.

Tomat
Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada . Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

bengkoang
Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Namun tidak hanya berguna sebagai pemutih, bengkoang juga merupakan cara efektif untuk menghilangkan minyak di wajah. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting bagi kesegaran wajah.

Caranya mudah saja. Parut bengkoang lalu peras dengan menggunakan air. Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami

Almond
Selain bekerja untuk mengelupas sel kulit mati, almond juga bekerja untuk mengurangi minyak berlebih terutama pada wajah Anda. Caranya adalah dengan menumbuk halus 2 biji almond kemudian tambahkan 2 sdt madu. Oleskan merata pada wajah.

susu
Dalam wajah terdapat kolagen agar kulit tetap terlihat kenyal dan tidak berkerut. Nah susu memiliki kandungan vitamin D yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta vitamin B6 berperan dalam merawat dan menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap namun tidak tampak berminyak.

Terimaksih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Instagram