Tips Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering; Jangan Sepelekan Bibir Kering Hingga Berdarah Ini Menandakan Anda Punya Penyakit Berbahaya
andapoenya
Bibir kering biasanya membuat lapisan permukaan bibir mengelupas atau pecah-pecah bahkan hingga berdarah.
Banyak hal yang bisa Anda lakukan ketika bibir nampak kering seperti menggunakan lip balm atau memperbanyak minum.
Karena salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah yaitu kekurangan asupan air atau dehidrasi.

bibir

Kekurangan cairan pada tubuh membuat fungsi kelenjar pada bibir dan bagian tubuh lainnya menjadi terhambat sehingga mengakibatkan bibir atau bagian tubuh lain menjadi kering.

Namun tahukah Anda, jika bibir pecah-pecah tidak hanya menandakan kita sedang dehidrasi?

Ada beberapa penyakit dan kondisi yang juga ditandai dengan bibir pecah-pecah.
Kekurangan vitamin
Selain kekurangan cairan, terkadang bibir pecah-pecah bisa menandakan bahwa Anda sedang kekurangan vitamin loh.

Seperti yang dikatakan oleh dr. Wilma Bergfeld, seorang ahli dermatologi dari the Cleveland Clinic (dilansir dari Kompas.com), jika sudut mulut mengalami keretakan sehingga menyebabkan luka, ini menandakan bahwa Anda kekurangan vitamin A dan B terutama B2, B6, dan asam folat.

Cara Atasi Bibir Kering & Pecah-Pecah, Biar Penampilan Maksimal!

bibir pecah

Bibir kering dan pecah-pecah sangatlah tidak nyaman. Di samping itu juga dapat mengganggu penampilan sehingga membuatmu menjadi kurang percaya diri. Sinar matahari atau rendahnya kelembaban udara bisa menjadikan bibir kamu kering. 

Inilah beberapa tips mudah untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa kamu lakukan sendiri.

1. Banyak minum air putih
Untuk menjaga kelembapan pada bibir, minumlah air putih yang banyak agar tubuh termasuk bibir tetap terlindungi. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab bibir kering, biasakanlah minum 8 gelas air putih atau setara 2 liter air setiap hari.

2. Kurangi kebiasaan menjilat bibir
Satu hal lagi yang bisa membuat bibirmu makin kering adalah kebiasaan menjilati bibir sendiri. Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik karena air liur akan semakin menambah kekeringan pada bibir. Jadi kurangi kebiasaanmu menjilat bibir.

3. Oleskan madu untuk melembabkan bibir
Sebagai alternatif lip balm, kamu bisa mengoleskan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Madu memiliki sifat anti bakteri dan mampu melembabkan bibirmu. Usahakan untuk menggunakan madu yang asli ya, karena madu palsu banyak mengandung campuran gula.

4. Rajin melakukan scrub bibir
Melakukan scrubbing pada bibir termasuk satu hal yang penting kamu lakukan, karena dapat mengangkat kulit mati dan mengurangi pecah-pecah pada bibir. Kamu bisa membuat scrub bibir alami sendiri dirumah dengan menggunakan madu dan gula pasir. Campurkan 2 sdm gula pasir dengan 1 sdt madu, aduk rata lalu oleskan pada bibir.

5. Gunakan lip balm setiap hari
Lip balm atau pelembab bibir wajib kamu pakai setiap hari agar bibir tidak kering. Daripada menjilat bibir untuk melembabkan, coba deh sediakan lip balm di tasmu agar bisa dipakai kapan pun saat kamu merasakan kekeringan di bibirmu.

6. Banyak makan buah dan sayur
Buah-buahan dan sayur-sayuran adalah makanan yang sehat, kamu pasti setuju kan? Perbanyaklah makan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C kalau bibirmu terasa kering dan mulai pecah-pecah. Apel, jeruk, pepaya, brokoli, kubis, dan kembang kol adalah contoh beberapa buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.

7. Hindari memakai lipstick matte
Saat ini memang sedang menjadi trend penggunaan lipstick matte di kalangan para cewek, karena warnanya pekat dan menempel tahan lama di bibir. Namun lipstik jenis ini tidak mengandung pelembab sehingga dapat menyebabkan bibir kamu kering. Memakai lipstik jenis ini sangat tidak dianjurkan jika bibirmu sedang kering dan pecah-pecah.

8. Jangan sering menggigit bibir
Ini adalah salah satu kebiasaan jelek yang suka dilakukan para cewek saat bibirnya kering dan pecah-pecah, padahal hal ini bisa membuat bibir menjadi luka dan berdarah. Biarkan bibir kering mengelupas dengan sendirinya, jangan digigiti supaya tidak menimbulkan luka yang malah makin membuat bibirmu pecah-pecah dan perih.

Itulah beberapa tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Mudah banget kan, girls? Kalau masalah bibir kering dan pecah-pecah kamu tidak juga teratasi dengan cara di atas, sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter. Karena bibir kering dan pecah-pecah bisa jadi gejala awal suatu penyakit.
Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Instagram