Tips Cara Menebalkan Alis Mata Secara Cepat & Alami

Cara Menebalkan Alis untuk Mempercantik Mata
Banyak wanita mendambakan alis yang tebal. Ada beragam cara menebalkan alis yang dapat dilakukan untuk mempercantik penampilan.  Sebelum Anda melakukannya, pahami dulu cara-cara menebalkan alis yang benar agar tidak merugikan kesehatan.

alis mata

Komposisi alis dapat dimodifikasi untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih menarik. Jika Anda memiliki alis yang tipis, entah akibat penyakit, bawaan lahir, obat-obatan, atau kesalahan dalam perawatan sebelumnya, jangan cemas, karena ada pilihan perawatan yang bisa dilakukan sebagai cara menebalkan alis.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menebalkan alis, di antaranya:

Bahan alami
Ada beberapa bahan alami yang kemungkinan dapat membantu menebalkan alis, misalnya minyak kelapa, tea tree oil, dan minyak lavender yang telah didiamkan selama satu malam. Bahan ini digunakan sebelum tidur dan dibilas saat pagi hari. Namun efektivitas bahan-bahan tersebut belum terbukti secara klinis sebagai cara menebalkan alis yang baik dan aman.

Ada pula minyak jarak atau castor oil yang telah lama dikenal dapat membantu menumbuhkan alis dan rambut. Minyak jarak diduga mengandung zat ricinoleic acid yang dapat menumbuhkan rambut, termasuk alis mata. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan minyak jarak pada alis mata pada malam hari sebelum tidur, dan pijat beberapa saat. Kemudian bilas pada pagi harinya.

Namun sebelum menggunakannya, coba dulu aplikasikan beberapa tetes minyak jarak di kulit dan tunggu sekitar 1 hari untuk melihat apakah terdapat reaksi alergi, seperti gatal dan kemerahan pada kulit. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi atau terasa panas.

Serum dan suplemen
Penggunaan serum dan suplemen tertentu diklaim dapat menjadi cara menebalkan alis. Serum yang disinyalir dapat membantu menumbuhkan alis biasanya mengandung biotin dan peptida. Peptida merupakan salah satu rantai asam amino yang dianggap sebagai protein pendukung tumbuhnya alis lebih tebal dan membuat folikel rambut sehat. Selain dalam bentuk serum, biotin juga dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Biotin dianggap dapat menstimulasi pertumbuhan rambut, termasuk alis.

Transplantasi alis
Cara menebalkan alis dengan metode transplantasi memerlukan donor rambut yang diperoleh dari kulit kepala. Prosedur ini tergolong rumit karena diperlukan penempatan yang tepat, sekaligus menimimalkan bekas luka dan menghindari kerusakan alis yang ada. Pengerjaan prosedur ini membutuhkan waktu sekitar dua jam. Sebelum prosedur dimulai Anda akan diberi obat bius lokal untuk mengurangi nyeri. Rambut yang ditanam akan rontok karena pertumbuhan rambut baru (anagen effluvium) dan rambut baru akan tumbuh kembali setelah tiga bulan.

Menjaga Kesehatan Alis

alis tebal

Memiliki lengkung alis yang indah sebagai penunjang penampilan perlu didukung oleh perawatan yang dilakukan sehari-hari.

Cara menebalkan alis; Kamu dapat memiliki alis tebal dan cantik secara alami tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan alis. Berikut adalah 12 cara alami untuk menebalkan alis secara cepat:

1. Lidah Buaya
Lidah buaya merupakan bahan herbal yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut sehingga efektif untuk menebalkan alis mata. Cara penggunaannya yaitu:

Siapkan satu batang lidah buaya segar yang telah dicuci bersih
Ambil bagian gel-nya saja yaitu dengan memotong daging buah lidah buaya menjadi dua bagian
Oleskan gel lidah buaya pada alis mata secara merata
Diamkan selama 30 menit
Bilas dengan air hingga bersih
Lakukan treatment ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih cepat

2. Minyak Almond
Minyak almond memiliki banyak manfaat untuk kecantikan salah satunya adalah mampu menumbuhkan rambut alis secara cepat sehingga lebih lebat dan sehat. Cara penggunaannya yaitu:

Oleskan minyak almond secara merata pada alis mata
Lakukan pemijatan ringan selama 3-5 menit agar minyak almond meresap dan sirkulasi darah sekitar alis lebih lancar
Diamkan selama 30 menit
Bilas dengan air hingga bersih
Lakukan cara ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil lebih cepat

3. Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan salah satu bahan herbal yang banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit, ternyata bahan herbal ini juga sangat efektif untuk menebalkan alis mata dalam wkatu singkat. Cara menebalkan alis dengan minyak zaitun, yaitu:

Oleskan minyak zaitun secukupnya pada alis mata secara merata
Lakukan pemijatan ringan selama 5-10 menit
Diamkan semalaman
Pagi harinya bilas dengan air hingga bersih
Lakukan treatment ini secara rutin setiap hari menjelang tidur untuk mendapatkan hasil lebih maksimal

4. Bawang Bombay
Bawang Bombay merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat menjadikan alis lebih lebat dan sehat. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu:

Siapkan 1 bawang Bombay segar dan bersihkan
Haluskan dengan cara memblendernya
Peras untuk mengambil airnya saja
Oleskan air perasan bawang Bombay pada alis secara merata dengan menggunakan cotton bud atau kapas, hati-hati jangan sampai terkena mata karena menyebabkan rasa pedih
Diamkan semalaman dan pagi harinya bilas dengan air hingga bersih
Lakukan cara ini setiap hari menjelang tidur untuk mendapatkan hasil lebih cepat

5. Minyak Kemiri
Minyak kemiri sering digunakan untuk menebalkan dan menjadikan rambut lebih berkilau. Bahan herbal ini juga dapat menjadikan alis lebih tebal dan hitam. Berikut cara menebalkan alis alami:

Siapkan minyak kemiri secukupnya
Oleskan minyak kemiri pada alis secara merata dengan menggunakan cotton bud
Diamkan semalaman dan pagi harinya cuci bersih dengan air
Lakukan treatment ini setiap hari menjelang tidur

6. Lemon
Lemon kaya akan vitamin C sehingga banyak dimanfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencerahkan kulit. Ternyata lemon juga sangat efektif untuk menebalkan alis mata secara singkat. Cara penggunaannya yaitu:

Siapkan 1 lemon segar
Belah lemon menjadi dua bagian lalu peras
Oleskan air lemon pada alis mata secara merata
Lakukan pemijatan ringan agar kandungan lemon meresap dan sirkulasi darah semakin lancar
Diamkan selama 20-30 menit
Bilas dengan air hingga bersih
Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal

7. Minyak Jarak
Bahan herbal selanjutnya yang terbukti efektif untuk menebalkan alis adalah minyak jarak. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu:

Oleskan minyak jarak pada alis secara merata
Lakukan pemijatan ringan pada alis dan sekitarnya selama 2-5 menit
Diamkan selama 20-30 menit
Bilas dengan air hingga bersih
Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal

8. Bawang Merah
Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan salah satunya adalah dapat menebalkan alis mata secara alami. Kandungan sulfur dalam bawang merah dapat mempercepat pertumbuhan bulu alis mata. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu:

Siapkan 1 siung bawang merah segar yang telah dikupas kulitnya
Potong menjadi dua bagian
Oleskan bawang merah tersebut pada alis mata secara merata, hati-hati jangan sampai terkena mata karena dapat menyebabkan rasa pedih
Diamkan selama 20-30 menit
Bilas dengan air hingga bersih
Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan alis tebal lebih cepat

9. Kuning Telur
Telur banyak dimanfaatkan sebagai masker wajah karena mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah sehingga wajah semakin kencang. Ternyata salah satu bagian telur yaitu kuning telur sangat efektif untuk menebalkan alis mata. Cara menebalkan alis dengan cepat memakai kuning telur sbb:

Siapkan 1 butir telur, ambil bagian kuning telurnya saja
Oleskan kuning telur pada alis mata secara merata
Diamkan selama 20 menit atau hingga mengering, bilas dengan air hingga bersih
Lakukan treatment ini setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal

10. Susu Murni
Susu merupakan minuman kesehatan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan mampu mencerahkan serta melembutkan kulit. Minuman ini juga sangat baik untuk menebalkan alis mata. Cara penggunaannya yaitu:

Siapkan susu murni, sebaiknya susu putih
Oleskan pada alis mata secara merata
Lakukan pemijatan ringan selama 3-5 menit
Diamkan selama 30 menit
Bilas dengan air hingga bersih
Lakukan cara ini secara rutin setiap hari agar alis mata lebih tebal

11. Campuran Minyak Lelapa & Lemon
Minyak kelapa dan lemon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kombinasi dua bahan herbal ini mampu menjadikan alis lebih lebat dan sehat. Cara penggunaannya yaitu:

Siapkan 1 sdm minyak kelapa dan kulit lemon segar
Haluskan kulit lemon dengan cara di blender
Tambahkan minyak kelapa ke dalamnya
Oleskan campuran minyak kelapa dan kulit lemon tersebut pada alis mata secara merata
Diamkan selama 15-20 menit
Bilas dengan air hingga bersih
Lakukan cara ini secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil lebih maksimal

12. Minyak Kelapa
Minyak kelapa sangat baik untuk menumbuhkan dan melebatkan alis mata secara cepat. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu:

Oleskan minyak kelapa pada alis mata secara merata
Lakukan pemijatan ringan agar minyak kelapa cepat meresap
Diamkan selama 30 menit
Cuci bersih dengan air
Lakukan cara ini secara teratur setiap hari

Tindakan Untuk Menjaga Kesehatan Alis

vitamin alis

Alis mata yang sehat akan menjadikan kita terlihat lebih cantik dan percaya diri sehingga kesehatan alis juga harus diperhatikan. Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan alis, diantaranya adalah:

1. Pijatan Ringan Pada Alis
Melakukan pemijatan ringan pada alis atau daerah sekitarnya mampu meningkatkan sirkulasi darah sehingga pertumbuhan alis lebih cepat dan menjadikannya lebih lebat serta sehat. Kamu dapat melakukan pemijatan ringan sekitar alis selama 3-5 menit setiap hari dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak almond untuk mendapatkan alis lebih lebat dan sehat.

2. Menjaga Asupan Nutrisi Tubuh
Tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatannya serta kesehatan alis juga dipengaruhi oleh kecukupan nutrisi tubuh. Beberapa nutrisi yang dibutuhkan seperti vitamin, protein, zat besi, mineral, kalsium, zinc, dan tembaga. Semua nutrisi tersebut dapat diperoleh dari asupan makanan sehat seperti sayur, buah, daging, dan ikan dalam porsi yang tepat.

3. Merapikan Bentuk Alis
Sering kali alis tumbuh tidak teratur sehingga sulit untuk dirapikan. Kamu dapat menggunakan gel khusus untuk merapikan alis agar terlihat lebih rapi atau meminta bantuan seorang ahli untuk merapikannya.

4. Cairan Tubuh Tercukupi
Para ahli kesehatan menyarankan agar mengkonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas per hari untuk menjaga cairan tubuh sehingga tidak dehidrasi. Cairan tubuh yang tercukupi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut sehingga cairan tubuh yang tercukupi mampu menjadikan alis mata lebih sehat dan lebat.

5. Tidak Mencabut Alis Secara Sembarangan
Banyak wanita yang melakukan pencabutan alis dan menggantinya dengan tato alis. Mencabut alis malah akan menyebabkan masalah pada kulit sekitar mata karena pori-pori alis akan terbuka dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Mencabut alis secara sembarangan juga dapat menjadikan penampilan kurang natural sehingga aura kecantikan kamu kurang terpancar sempurna.

6. Menggunakan Pensil Alis
Pensil alis merupakan salah satu kosmetik kecantikan yang paling banyak digunakan oleh wanita untuk menebalkan alis mata. Pensil alis ini sangat baik digunakan untuk menutupi alis mata yang mengalami kerontokan sehingga terlihat lebih tebal dan lebat. Sebaiknya gunakan pensil alis yang sesuai dengan warna alis kamu agar terlihat lebih natural. Tetapi jangan lupa untuk membersihkan pensil alis yang menempel di alis mata saat menjelang tidur agar alis lebih sehat dan bersih.

Alis yang sehat dan terawat akan menjadikan penampilan lebih menarik dan percaya diri sehingga perawatan alis harus diperhatikan lebih lanjut. Kamu dapat menggunakan beberapa bahan herbal untuk menjaga kesehatan alis dan menjadikannya lebih tebal serta lebat sesuai dengan keinginan.

Terimakasih telah membaca artikel kami semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Instagram